Cara Menyembuhkan Penyakit Batu Angin di Leher

BERITADULU.COM – Penyakit batu angin adalah istilah yang disematkan pada keluhan kesehatan berupa adanya benjolan-benjolan di daerah leher seseorang. Ada banyak penyebab timbulnya benjolan-benjolan pada leher manusia.

Khusus untuk penyakit batu angin ini, kebanyakan merupakan gejala awal yang bisa memicu terjadinya kanker tenggorokan atau penyakit kanker kelenjar getah bening, walaupun pada kenyataannya tidak semua benjolan di leher (batu angin) adalah gejala kanker.

Penyakit Batu Angin di Leher

Berdasarkan berbagai hasil obersvasi yang telah dilakukan, ditemukan bahwa umumnya benjolan pada leher yang dikenal juga sebagai “batu angin” ini terjadi karena adanya penggumpalan sel limfosit¬† dan lemak jenuh berlebih pada leher.

Perlu dipahami bahwa limfosit (kelenjar getah bening) adalah jenis sel darah putih yang bertanggung jawab untuk memulai respon imun ketika penyerbu asing memasuki tubuh. Hanya saja, dalam kondisi tertentu limfosit ini bisa berubah menjadi ganas dan memulai proses keganasan (kanker).

Sementara itu, makanan-makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti gorengan, daging yang terlalu masak, alkohol, rokok sangat bisa memicu pada timbulnya benjolan pada leher serupa dengan penyakit batu angin pada leher.

Gejala dan Tanda Penyakit Batu Angin Pada Leher

Ada sejumlah tanda dan gejala penyakit batu angin atau benjolan-benjolan spesifik pada leher, antara lain:

  • Gejala pembengkakan sangat tergantung pada lokasi kelenjar getah bening itu sendiri.
  • Kadan disertai dengan infeksi saluran pernapasan atas (seperti hidung meler, sakit tenggorokan, dan demam), sakit leher, telinga, atau di bawah pipi.
  • Kadang-kadang terlihat infeksi pada kulit, kemerah-merahan, sakit dada.
  • Seringkali disertai dengan batuk parah
  • Pada keadaaan tertentu bisa ditemukan pembesaran di semua kelenjar getah bening (misalnya, pada HIV dan lupus).

Cara Mengatasi Penyakit Batu Angin Pada Leher

Penyakit batu angin pada leher tidak boleh disepelekan. Untuk mengatasinya, Anda perlu langsung berkonsultasi ke dokter sehingga faktor penyebab dan tingkat keparahan penyakitnya bisa segera diketahui untuk menentukan kadar pengobatannya.

Penyakit Batu Angin di Leher

Mengatasi penyakit batu angin pada leher dengan mengkonsumsi bahan-bahan herbal alami sebenarnya bisa juga dilakukan, asalkan Anda tetap memberikan prioritas untuk menghubungi dokter atau melakukan pemeriksaan medis di rumah sakit.

Jangan menganggap remeh penyakit batu angin seperti ini karena bisa saja itu merupakan gejala awal dari suatu proses keganasan (kanker) di bagian leher. Jika keluhan penyakit batu angin sudah terjadi lebih dari 4-5 hari, segera periksakan diri Anda ke dokter.