Ini Tips Merawat Buku Seusai Big Bad Wolf

BERITADULU.COM – Meskipun saat ini, banyak orang yang mulai beralih ke buku digital, namun bukan berarti buku fisik kehilangan penggemarnya. Event seperti Big Bad Wolf atau Pameran Buku masih selalu menarik peminat. Jika anda adalah salah satu orang yang mengikuti event Big Bad Wolf kemarin dan memborong banyak buku, ada baiknya anda mengetahui tips merawat buku agar buku anda dapat senantiasa awet dan terjaga.

Simpan di satu tempat

Agar buku anda senantiasa terjaga, anda harus memiliki satu tempat khusus untuk menyimpan buku anda, sehingga buku-buku yang anda miliki tidak tercecer dan mudah terkena tumpahan minuman, terusak tanpa sengaja, atau hal-hal buruk lainnya.

Sampul buku anda

Meskipun terkesan sederhana, menyampul buku merupakan hal yang penting. Sampullah buku anda dengan menggunakan sampul plastik transparan, sehingga buku anda terhindar dari tumpahan cairan dan debu. Selain itu, menyampul buku dengan sampul plastik akan membuat buku anda lebih mudah dibersihkan.

Gunakan Pembatas Buku

Gunakan pembatas buku untuk menandai halaman yang tengah anda baca. Melipat ujung buku akan merusak buku anda dan membuatnya cepat lusuh. Anda bisa mendapatkan pembatas buku di toko buku, dan dijual dengan harga yang relatif murah. Selain itu, anda juga dapat menggunakan kertas atau sesuatu yang agak tebal dan kaku sebagai pembatas.

Susun Buku dengan Cara Berdiri

Menyusun buku dengan cara berdiri dapat membantu menjaga buku anda dengan memberikan ruang untuk sirkulasi udara ke sela-sela halaman buku sehingga buku anda dapat mengurangi kelembaban yang merupakan musuh bagi buku.

Bersihkan Buku Secara Berkala

Anda juga perlu membersihkan buku anda secara berkala. Keluarkan buku anda dari rak dan bersihkan dengan kemoceng atau lap kering. Hindari membersihkan buku dengan kain basah karena hal tersebut dapat membuat buku anda menjadi lembab.

Jangan Mencampur Buku

Mungkin terkesan sederhana, tapi jangan mencampur buku anda yang sudah rusak dengan yang masih sehat. Buku-buku yang sudah kuning, terkena jamur atau rayap sebaiknya anda pisahkan dengan buku yang masih bagus. Hal ini karena dapat menulari buku anda yang lain.

Begitulah beberapa tips merawat buku yang bisa anda lakukan agar buku anda terjaga dan lebih awet.