Khasiat Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

BERITADULU.COM – Daun dari buah jambu biji sangat bermanfaat untuk menghilangkan berbagai penyakit. Daun jambu biji bisa digunakan sebagai obat yang bersifat tradisional. Biasanya, daun jambu biji digunakan untuk mengobati perut kembung atau orang yang terkena diare.

Padahal, tidak hanya dua penyakit itu saja yang dapat disembuhkan oleh daun jambu biji. Daun jambu biji dapat mengobati diare karena mengandung tannin yang bersifat astringent. Selain itu, kontraksi pada usus juga akan berkurang sehingga menghentiakan diare.

Daun Jambu Biji

Selain tannin, daun jambu biji juga mengandung zat avikularin dan guaijaverin yang bersifat anti bakteri. Nah, apa saja manfaat yang bisa diambil dari daun jambu biji untu kesehatan kita?

Diantaranya adalah untuk mengobati diare, maag, luka, sariawan, keputihan, diabetes dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak bersama-sama penjelesannya berikut ini.

Khasiat dan manfaat daun jambu biji yang pertama adalah untuk mengobati penyakit diare. Cara mengobatinya ialah dengan menggunakan daun jambu klutuk sebanyak 6 helai yang telah dicuci bersih. Daun jambu klutuk tersebut kemudian ditumbuk dan diberi air matang sebanyak satu cangkir.

Setelah itu, airnya tinggal diperas kemudian diminum dengan dosis dua kali sehari. Manfaat yang kedua adalah untuk mengobati sakit maag. Cara membuat ramuannya adalah dengan merebus 8 helai daun jambu klutuk yang sudah dicuci bersih ke dalam 1,5 liter air. Kemudian air tersebut bisa diminum dengan dosis tiga  kali sehari.

Manfaat selanjutnya adalah sebagai obat untuk penyakit sariawan. Cara membuat ramuanyya ialah dengan merebus segenggam jambu klutuk daun 1 jari kulit batang daun jambu klutuk yang telah dicuci bersih dengan menggunakan satu liter air. Setelah mendidih, tunggu agak dingin dan kamu bisa meminumnya sekaligus.

Tidak hanya sariawan, bahkan daun jambu biji bisa digunakan untuk mengobati luka. Cara membuatnya cukup mudah, hanya dengan mengunyah sampai lumat tiga pucuk daun jambu klutuk yang telah dicuci kemudian daun yang sudah luma tersebut ditempekkan pada bagian yang luka.

Dengan menempekan daun pada luka tersebut, maka pendarahan akan berhenti karena daun jambu biji memiliki kandungan astringent.

Khasiat Daun Jambu Biji

Jika kamu memiliki anak yang mengalami perut kembung, maka kamu bisa mengobatinya dengan menggunakan daun jambu biji. Cara membuatnya ramuannyapun cukup mudah. Kamu hanya cukup merebus 3 helai daun jambu klutuk, 2 cm kulit batang pulasari dan lima buah adas  ke dalam 1,5 gelas air.

Rebus ketiga bahan tersebuh hingga air tersisa setengahnya. Setelah tersisa setengahnya kemudian saring air tersebut. Setelah dingin, ramuan bisa diminum dengan dosis tiga kali sehari. Jika anak masih berusia di bawah 3 tahun, maka cukup satu sendok makan.

Jika sudah di atas usia 3 tahun, maka dua sendok makan. Manfaat lainnya dari daun jambu biji ialah untuk mengobat penyakit diabetes. Caranya dengan menggunakan 1 buah jambu klutuk yang setengah masak dicuci, dibelah-belah, lalu direbus dengan 1 l air. Air rebusannya untuk diminum 2 kali sehari.

Oke, itu dia beberapa manfaat dari daun jambu biji sebagai obat tradisional untuk menghilangkan berbagai penyakit. Bahkan, beberapa obat kimia sudah menggunakan ekstrak daun jambu biji untuk produknya.