Lakukan Couple Therapy Untuk Keharmonisan Pasangan

BERITADULU.COM – Sebelum jauh membahas seputar couple therapy, apakah Anda sudah kenal dengan apa yang akan kami bahas pada kesempatan ini? Jika belum, simak ulsan dari berita dulu berikut ini. Couple therapy adalah salah satu yang harus atau semestinya dilakukan oleh setiap pasangan. Mengpa harus demikian? Couple therapy, adalah melakukan konseling bersama pasangan.

Konseling ini bisa disebut dengan terapi dan dan beberapa orang telah melakukan hal ini termasuk selebritas terkenal seperti Kristen Bell-Dax Shepard dan mereka menyebutnya jika couple therapy ini adalah kunci keharmonisan dalam rumah tangga.

Di Negara besar seperti Amerika dan lainnya, melakukan konseling Couple therapy sudah menjadi hal yang biasa yang dilakukan oleh mereka yang sudah menikah dan berumah tangga. Dengan didampingi psikolog, maka kedua pasangan duduk bersama dan membahas masalah rumah tangga dan berusaha mencari solusinya bersama-sama.

Lalu apakah terapi ini bisa diterapkan di Negara kita? Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani sebagian orang di Indonesia masih memandang couple therapy sebagai hal yang tabu. “Masalah rumah tangga masih dianggap sebagai topik yang dihindari, tabu diceritakan kepada orang lain termasuk para ahli,” ujarnya.

Padahal, menurut psikolog yang akrab disapa Nina ini, konseling dapat membantu mencari permasalahan dan berusaha menemukan solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak. “Terutama jika masalah yang timbul terus berulang dan sampai mengganggu hubungan rumah tangga,” ujarnya.

Sifat kooperatif dari kedua belah pihak juga penting dalam menjalani couple therapy ini. Namun, jika salah satu pihak menolak, couple therapy masih tetap bisa dilakukan.

“Idealnya memang dilakukan berdua. Namun, misalnya suaminya menolak, konseling ini bisa dijalankan oleh sang istri dulu. Nanti perubahan secara perlahan-lahan bisa dilakukan dari sang istri,” kata psikolog dari Klinik Terpadu Universitas Indonesia Depok dan Klinik Tiga Generasi ini.

Jika timbul rasa tidak nyaman saat menjalani couple therapy berdua, kata Nina, akan disediakan sesi personal untuk kedua belah pihak. “Terkadang, salah satu pihak tidak ingin beberapa hal diketahui oleh pasangannya, maka akan disediakan sesi personal untuk masing-masing,” tuturnya.

Jadi, jika Anda mengalami masalah rumah tangga yang berlarut-larut, tidak ada salahnya Anda mencoba couple therapy ini.